tentang perenungan diri

mereka bilang saya galak….????

oleh Menik Razief pada 24 Februari 2010 pukul 23:42

21:16 24/02/2010

2 hari yang lalu sy posting status d wall, yg intinya sy “kick” seseorang dr fb sy, (krn y sy g suka aj ma dy, dr statusnya yg bikin sy enek..hehe, y emg si hak nya dy biin posting kyk gt, n haknya sy jg kan “hapus” dy dr kumpulan teman fb sy..hehe). Intinya bukan mslh knp tu org bikin sy mual, yg menginspirasi sy adalah bbrp komen yg bikin sy haru, tercengang dan sedikit rasa “maklum”, ad beberapa yg komen seakan2 sy tuh orgnya “galak”…sy selalu menolak kl ad yg blg dgn sebutan “galak”, dan sy klarifikasi kl sy hanya agak sedikit “tegas” aj ditambah sy agak kurang sedikit rasa “sabarnya” (yg normalnya manusia hidup itu dengan secangkir rasa “sabar”, nah sy itu dr secangkir hanya kurang 1/8 aj kq..xixi, mgk agak “tegas”+kurang “sabar = galak ??…hehe, itu formulasi sy sih..)

tp sy pikir2 yg blg kl sy galak hampir sebagian besar org yg “hidup” bersama sy y minimal 1 mg deh, pasti mrk beranggapan spt itu (sambil menggeleng2kan kepala…dan bergumam : kq bs ya??), dan yg blg sy baik dan cantik bs diitung pake jari kaki ma tangan..(org yg bernurani sedikit sekali..pdhl itulah yg sbnrnya)..memang sy agak narsis..krn postingan ini bukti kenarsisan sy..maklum sblm terjun jd dokter sy ngarep bgt jd artis..hehe, terbukti dr teman yg ad d fb, sebagian besar dr mrk sy krg akrab..y wajar kn artis tdk tll akrab ma fansnya..(makin parah narsisnya..hoho).

Okey, setelah semalaman sy merenung smbil mandang langit2 kamar, sy mencoba unt menganalisa diri sy sendir, mengorek lebih dalam k alam jiwa, masa lalu, dan bertumpuk2 dosa yg menggunung slm lbh dr 15 taun (maaf umur bt sy hal yg sensitif..xixi). Dan stlh sy tilik lebih lanjut, mgk bbrp kejadian yg menguatkan asumsi bhw sy “galak” (exactly, i hate this adjective…sy hanya “agak tegas”, tp knp lbh nikmat bagi nurani unt menyebut diri sndri “galak” y?? maybe heart knows d truth..hihi)..dan bbrp saksi hidup dr bbrp kejadian hidup sy ad d dlm fb ini..xixi (entah mrk msh ingat dosa2 itu..smg tidak..krn kl ingat berarti mrk blm memaafkan sy, tp kpn sy mnt maafnya y?? hihihi).

Masa kecil sy, yg sy ingat sy anak perempuan yg cukup “manis” (krn sll meringis..hehe, garing maning..), agak pendiem, polite, dan sk maen barbie sendiri d kmr, (yg terakhir sbnrnya sempat menguakkan pengakuan yg bikin sy tertohok..sgt tertohok…ibu n kakak sy dl mengira jgn2 sy psikopat lg, g sk keluar kmr…whaaaaaat?? teganya kalian…oh nooo). Padahal sy maen sndiri krn tmn sy rmhnya agak jauh..n sy kl maen barbie hrs pk alur crita..jd misal hari itu episodenya “keuarga berencana”, mksdnya 1 keluarga, ortu dan kedua anaknya..nah kl ad tmn kn bs aj anaknya nambah jd 3 atau 4, sy g bs kl gini, bs g konsisten sm akhir crita (huehehehe….hebat kn sy, y gini2 kn dl sk ikt ibu sy rapat pkk, n tw program pemerintah..xixi). well, seketika sy berubah mjd anak yg “agak preman” (ooops, bkn galak lho..sy hanya berakting jd preman..beneran deh..it was acting my friends..not more..hehe). Nah critanya begini, saat itu sy pindahan dr kalimantan k jawa tengah, lalu sekolah pun pindah (wkt itu kelas 6 sd). Saat itu (inget bgt saat jam istirahat di sekolah sy yg baru..), ad temen yg ngejekin sy “mickey mouse”, krn tas sy emg mickey mouse…g tw knp tiba2 sy beranggapan..sy sgt terhina krn sy dianggap mickey mouse yg item, berkuping lebar..eeeeu…yg mirip cm itemnya doank kalee..kupingnya si enggak..dan kebetulan sy sgt bangga ma tas sy, maklum pemeberian ortu dr overseas (dan itu pertama kalinya bagi ortu sy, jd sy anggap nilai historisnya sgt besar..hehe, lebay..). Dan tiba2 pd jam 1 siang sepulang sy sekolah, entah setan mn yg merasuki sy..and d story goes…baaaaaamp!! sy menabrak sepeda anak itu dgn spd sy, sy tendang bannya dgn kaki sy..n otomatis dy pun berhenti..(for ur information…my friend was a boy..yes he was..hihi). Abis itu sy blg pk bahasa indonesia krn sy g bs pk bhs jawa maklum anak pindahan..”heh, km td yg ngatain sy y mickey mouse ya?? AWAS YA KAMU KL BESOK NGATAIN LAGI..” dan tmn sy tsb hny bs mengelak dgn agak ketakutan kl sy liat si (hehe, oooh mgk sy aj yg salh liat y??), bis tu krn tdk mendapat perlawanan sengit , sy tinggal pergi karena apa…cb tebak?? karena sy g nyangka mbl dinas ayah sy ad di belakang sy dan didlmnya ada ayah dan ibu sy (sontak dlm hati sy kaget sekali…waduh ketauan nih..hehe..tp ekspresi sy si staying cool, toh sy kan g kepergok pas nendag spdnya..xixi). Ya bs ditebak kelanjutan critanya..sy dimarahin d rmh, tp sy g nangis krn bagi sy itu hal yg prinsiple..(ya iyalah , sy jauh berbeda ma mickey mouse, sy g berkuping lebar..dan sy bukan laki2..mgk sy msh mikir bt ngelabrak kl sy katain “daisy” yg notabene pacarnya mickey..hehehe). Alhamdulillah tmn sy itu msh exist..hehe, dan msh ad d fb sy, g bakal sy kick krn dy utang tendangan sepeda ma sy..(so sorry brother..i didnt mean it..hehe).

Nah, stlh kejadian itu, “MEREKA BILANG SAYA GALAK???” emang iya?? ah menurut sy itu cm perasaan mereka, kl gr ini si sy g setuju deh (ngotot.com..), tp sy merasa menemukan jati diri sy kl sy dilahirkan dgn sifat “agak tegas”..hehe, lho smua pemberianNYA kn hrs disyukuri to??

Kejadian lainnya lagi adalah saat sy kelas 3 SMU, saat itu sy sedang naik motor di suatu sore, kebetulan sy merasa ad yg ketinggalan n hrs balik k sekolah stlh plg les, nah sekolah sy itu kl mw masuk harus nyebrang melewati jalam besar..saat itu sy harus belok kanan, dan sy berhenti krn mw belok kanan dan sy adalah seorang pengguna jalan yg taat jd jauh bbrp meter sy dah pasang lampu “sen” tanda belok ke kanan…stlh berhenti beberapa lama tb2 ad motor yg nabarak dr belakang, sy terjatuh dan terpisah dr motor sy sejauh 2 meter….waduh krn ingatan ini msh jelas kl sy dah pasang lampu sen dan berhenti cukup lama, lgs “naluri preman” sy muncul….seketika sy lgs berdiri yg notabene msh di tengah2 jalan raya yg cukup byk truk n bisnya..tp krn ad kejadian itu sontak mrk berhenti..Seketika sy bangun, entah knp satu2 nya hal yg ingin sy lakukan adalah segera menghampiri laki2 yg menabrak sy…dgn langkah kaki yg terpincang2..sy udh mau nyamperin..untungnya ad org yg kebetulan nolongin sy ngingetin sy..”udh mb, minggir dulu ya?? ni kn di tengah jalan..” uppps, oia ya..smbil sy tegok ka ki sblm sy nyampe k tersangka itu..fiuuuh.,ap jadinya kl sy “menceramahi” si laki2 itu di tengah jalan…and d story goes again : kejadian yg kalian harapkan tjd d tengah jln besar..itu terjadi di trotoar..pdhl si laki2 itu adalah seorang bapak2..huh..sy nyesel kq g co ganteng aj sih..hehe!! Dan saat sy berdebat ma si bapak, sy dikelilingi byk laki2 yg kebetulan “nonton” sy beraksi di jalan tsb..tp syukurlah sy mendapat dukungan penuh dr audience kl sbnrnya si bapak ntu yg salah…hehe, g sia2 kan!!! y g bs diboongin aura sy menyebar k para audiens itu..xixi! bt sy lagi2 kejadian ini g bs bikin asumsi mereka ttg sy galak terbukti..krn pd dasarnya sy menuntut hak sy bhw sy g bersalah (hehe, bt sy saat itu legalitas benar atau salah sgt penting..unt memberikan alibi dari memarnya kaki sy dan bengkoknya bemper motor sy ke ortu sy..)..emg si g perlu di tengah2 jalan gede tp ya harap dimaklumi..darah muda (darahnya para remaja….rhoma wanna be..hihi).

Semasa smp n sma seingat sy, sy g tll terkenal sbg “menik yg galak”,,tp lbh akrab mrk blg sbg “menik yg judes”..hehe (sm aj y?? beda donk…kl galak kn hrs pk kumis, kl judes kn lbh girly getooo..xixi).

Nah setelah ,memasuki bangku perkuliahan, “hobi” sy yg satu ini mencuat pertama kali sy menceburkan diri di organisasi (rohis tepatnya)..entah knp pdhl dah sy tahan spy g keluar eh g tw nya tiap kali rapat n sy rasa kq beda ma pendapat sy, ni hobby keluar dgn tanpa malunya (hehehe..), tp untungnya kn kl rapat di rohis, sebelum mengakhiri rapat ditutup dengan doa pentup majelis..yah yg intinya kt satu sama lainnya salin mohon ampun atas segala dosa yg ditimbulkan saat kt berkumpul (huaaaaa..jd inget masa2 rohis..masa2 jauh dr kejahiliyahan spt skrg..huhuhu)..agak g terbebani dgn hobby ini..dan sy terharu bgt tmn2 rohis mw nerima sy n percaya ma sy, (tuh kan yg berhati lembut pasti akan melihat cahaya terang dr hati sy..jd jangan percaya ma “mereka yg bilang sy galak” ya??..hehe.

eits tp jgn salah lho, terkadang “hobby” ini menguntungkan…(mau bukti???? eeh g ush ngotot donk ngomnya..biasa aj..hehe, lho kq edan..xixixi). Beneran nih, jadi gini, saat itu sy n tmn2 rohis ad acr k palembang p sblmnya kt mampir bt seminar di fk ui 2 hr, y msh 1 rangkaian acr ma yg di palembang, nah singkat cerita akomodasi tiket ke palembang diurus sm panita dr fk ui..y sdh, lgn kami saat itu hanya sbg peserta, jd y terima jadi aj deh..nah sy inget bgt, kami dibagikan tiket pesawat itu tepat bbrp saat sblm boarding pass..jd saat kami brkt kami g tw kami naik j brp n sm pesawat ap..stlh itu akhirnya km tw km pk pesawat yg akan brkt 45 menit atau 1 jam sy agak lupa..nah pas boarding pass, tiba2 1 rombongan , kira2 kloter saat itu ad 5 atau 6 org gitu, dikumpulkan sm petugas airlinenya dan blg k kami kl kemungkinan penerbangan ditunda sampe bsk (for ur information..acr kami hanya 3 hr, kl km brkt bsknya otomatis kami hanya ikt separuh perjalanan acr, krn sejujurnya saat itu kami jg sdh meninggalkan rangkaian acr..waduh kq kyknya ngotot bgt ya?? sy hanya ingin memberikan alibi yg kuat atas kejadian yg terjadi selanjutnya..okey please prepare for that..hehe!!)..Dan saat sy dgr kl penerbangan ditunda bsk smpe kami dpt seat di pesawat..lalu sy nanya balik, ok kl bsk kami ad kepastian brkt jam brp, nah si petugas yg bikin sy mau ga mau mengeluarkan “sedikit dr hobi sy itu” hehe, jawab y blom pasti juga mb bsk brkt j brp, bs aj ditunda smpe bsknya lagi (dalm hati sy mikir, ni org dah pnh keselek kendodong g siy…psti pd nanya? emg sy pernah?? hehe, blomlah..amit2..xixi). Hmmmm..baiklah sy rs tiba waktunya sy blg dgn sdkt hobi sy itu..”lho ya ga bisa donk ms, kl kami berangkat bsk, trus bsk tyt g dpt seat, ditunda lg mpe bsknya…y acaranya udh selesai..bt ap kami ke palembang kl acaranya udah selesai..!! dan ms tau kami cm 3 hari di palembang dan hrs kembali lagi…fiuuuh”. Y iyalah bagi sy hal ini teramat sangat penting karena ap..sy tengsin jg k ayah sy yg kebetulan nganterin sy pas di jakarta..ngakunya pamit ke palembang kq balik lagi..hehe!! Sy jg bingung, tmn2 sy yg lainnya speechless, entah terpesona ma si ms2 itu atau kaget liat sy ngom gt (sy harap bkn krn yg terakhir..krn msh “sopan” kq saat sy harus ngom k ms2 itu..hehe, y walaupun bikin dy lgs buru2 pergi n blg “bentar ya mb, sy usahain dl mb dan yg lainnya bs ke palembang skrg…” wuuuuuuus…di ms2 lgs ngacir entah kmn..hehe). Selang bbrp lama , he came bak again n brought us a good news..akhirnya kami bs brkt saat itu jg (yipppppi..akhirnya kagak jd tengsin niy..xixi) and palembang here we come.., dan saat itu jg si ms2 begitu cptnya ngurus administrasi kami..(dlm hati, wuah mgk si ms2 ini dah enek ngeliat kt (kita??? lo doank kaliii…hehe, itu mgk yg dilontarkan oleh yg lainnya kl dipersalahkan ttg mimik msnya yg nyaris pucat..hehe..well, no problemo). and endingnya perjalanan k palembang diawali dgn hobby sy itu..hehe. Tp sy msh merasa berdosa ma si ms2 itu, y mw gmn lg, terkadang hak yg memang milik kt hrs kt perjuangakan samapi rasa malu penghabisan..xixixi.

okey keuntungan yg kedua adalah, hobby sy ini mungkin menyembuhkan seorang anak kecil yg menurut sy ga “manis” krn g mw makan. Kejadiannya bbrp bln lalu saat sy msh koas anak di RSUD, saat iu musim ujian jd gencar cari pasien bt ujian..smua pasien baru sy anamnesa (bc:ditanya2), nah suatu ketika ad seorang anak laki2 umur 5 tahun, masuk krn demam 5 hari g sembuh2 dan g mau makan sama sekali (diagnosa smntr mgk ni anak typhoid..), abis itu sy tanya dengan gaya penuh kelemahlembutan ke si anak tsb krn kt ibunya dy g mw makan..(hmmm..sy plg agak memicingkan kedua mata liat anak dgn riwayat g sk mkn, krn bt sy ad bbrp alasan : pertama ni anak g sk makan krn males makan n kebanyakan jajan di luar, yg kedua krn si ibu anak ini kemungkinan masakannya g enak..tp unt alasan yg kedua kyknya enggak deh secara si bapak agak gendut g mgk kn masakan istrinya g enak..n liat anaknya tipe anak manja…hmmm…i got something to do to d spoiled child..xixixi). Diawali dgn senyum berkode (jd ni senyum pny kode bt anak kecil…senyum ini mengisyaratkan..kl si anak hrs ngaku dgn jujur n melakukan ap yg sy perintahkan..xixi, tp ni senyum laksana embun di pagi hari bt si orang tua anak…hehe, krn “sang koas akan memeriksa dan mengerahkan segenap kemampuannya”..). Well, i started wth a question:” lho, kenapa g mw makan??” sembari memberikan senyuman berkode itu, hihihi…bis itu si anak jawab “g mau makan…!”, hmmm..sy terpaksa memakai hobby lama sy : “lho kl g makan g cpt sembuh lho?”senyuman berkode itu makin mantap dan dibumbui dgn sedikit ancaman “ntar di rumah sakitnya luama banget lho kl ga makan, malah bs ga pulang2″..xixixi. Dan si anak terdiam (entah mikir atau jgn2 syok lg..hehe). Lalu si ibu menambahi..”tuh kan , ntr g plg lho..”!!, dan si anak ttp terdiam smbil mengunci rapat mulutnya (ya iyalah…namanya diem masak melongo kayak sapi dongo..wekekek). Waduh dlm hati sy takut jg ni anak kl ntr knp2..well its time ngabuuuuuur…sy lgs pura2 sbk ma pasiennya yg tepat di sampingnya, nah selang bbrp menit sy ngurusin pasien lain..tiba2 scr tak terduga, si anak blg “ibu, aku mau makan sekarang..”. weiiiis dlm hati sontak kaget…yipppi, it worked!! yes, it worked…huaaaa i couldnt imagine tht (waaaah..sy merasa sbg koas yg berhasi..halah..lebaaaay mode on). Lalu sy lgs blik badan n ngom k si anak itu “nah gitu donk..itu namanya anak pinter n cpt sembuh nanti..”, sembari memberikan senyum yg tulus tanpa kode apa2..hehe!! tuh kan ini bukti kedua kl asumsi mereka ttg sy galak..bs aj salah besar..xixi (tetep ngotot..).

Waduh semoga pd ga teler bc postingan sy kali ini, yg sy yakin pasti bikin kalian agak mual, atau udh ad yg muntah jg..ccck..cck..jgn smpe y?? hehe. Intinya adalah sy cm ingin minta maaf karena y pd akhirnya sy mengakui jg kalau asumsi mereka ttg saya galak itu tetaplah fitnah…loh??? hehe, bukan mksd sy mgk ad benarnya (hehe, msh keras kepala jg ya??..) oke deh berhubung seperti byk suara yg ngotot sy harus mengakui hobby sy itu..(sy merasa hampir seperti halusinasi auditorik..krn sbgn besar yg bc postingan sy ini bergumam dlm hati…”gila ni menik..jelas2 gw korban dr “kegalakannya” selama ini, ttp g nyadar jg..ampun2..”hehehe). Okey, saya menyerah, memang sy ini galak (aduh g terima deh…agak tegas aj boleh ga??hoho), tp sbnrnya itu hanya bentuk ekspresi care sy ke kalian kq..bener deh..g boong.. cb tanya mrk yg g kenal sy pernah g sy galakin..xixi. Dan karena sy agak sedikit ekspresif n kurang sabar sedikit, y mgk sy jg orngnya asal njeplak jg..tp beneran deh “hobby” sy itu krn sy sayang ma kalian..xixixi (ttp butuh alibi yg kuat spy sy g dihujat..hoho).

Buat semua tmn yg merasa mjd korban dr “hobby” sy itu…tolong dibuka pintu maaf sebesar2nya..jujur selain krn khilaf n krn takaran sabarnya msh kurang 1/8 dr ukuran cangkir sabar dalam kehidupan, itu krn sy care n sayang ma kalian..hehe. Dan sy salut yg sebesar2nya bt semua tmn yg masih “tahan” menghadapi “hobby” sy itu, dan sy sgt menyesalkan tmn atau sahabat yg jd “ketularan” hobby sy itu walaupun dah berulang kali sy bilang “dont try this 2 urself ya..?” hehe. Tapi rata2 bestfriends sy sm galaknya kq ma sy..beneran, atau jgn2 mrk yg nularin sy..xixi (who knows??).

Satu hal yg perlu kalian tau adalah bhw sy sejak dulu kala sdh teramat sangat berusaha menjadi seorang manusia hambaNYA yg lembut, krn yg sy pahami adalah sbg seorang muslimah, role model sy sbg mahlukNYA yaitu rasulNya, dan sang Rasul berakhlak lembut dan penyanyang..setiap harinya sy berusaha mjd sosok yg lembut, walaupun sy merasa kdg “hobby” ini keluar dgn spontannya (astagfirullah..)..tp jgn khawatir teman sy tetep pede unt sll berusaha, dan tetap sll mendoakan dan kt saling mendoakan agar pribadi masing2 kt dapat menjadi pribadi yg selalu mencintai dan dicintaiNYA..(weiiis, berasa kyk mario teguh ya?? bukan begitu sahabat super?? hehehe)..

One thought on “tentang perenungan diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s